give some information for life

Mengatasi troubleshooting pada VGA

Ada cukup banyak masalah umum yang sering dijumpai oleh pengguna komputer terhadap VGA yang dimilikinya, dan yang paling menonjol dari masalah-masalah ini lebih sering disebabkan oleh driver VGA. Artikel ini akan membahas 3 masalah umum yang sering diahadapi dan 3 solusi sederhana untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Permasalahan pertama: Jika lampu LED power monitor Anda tampak berkedip, tapi tidak ada gambar yang ditampilkan di layar. Jangan dulu memukul monitor Anda, ini mungkin disebabkan oleh koneksi yang tersambung, apakah lepas atau memang sudah rusak.

Kadang-kadang bahkan ketika keadaan semua sudah terhubung mungkin masih ada masalah. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh sambungan kabel digital/analog, coba Anda cek masalah ini. Bisa kabel itu sendiri yang rusak, atau bisa menjadi portnya yang sudah jelek. Ini bisa juga berarti bahwa Anda mungkin harus memiliki sebuah konverter, tergantung pada berapa lama usia monitor Anda. Terkadang tidak semua problem muncul dari driver, tetapi memang mungkin saja anda harus mengganti hardware anda, dalam melihat masalah ini hendkanya Anda memandang dari dua aspek.

Masalah juga bisa terjadi apabila VGA anda tidak kompatible dengan motherboard yang Anda miliki. Untuk yang ini hendaknya sebelum mengganti VGA anda, lihat dulu spesifikasi yang bisa dipakai di motherboard Anda. Pastikan bahwa Anda memeriksa kompatibilitas kartu grafis dengan kedua sistem anda dan monitor. Jika masih ada masalah dengan layar, maka apa yang perlu Anda lakukan adalah untuk mencari seri driver terbaru. Anda dapat melakukannya dengan mencari di internet dan mengunjungi website produsen dan men-download driver dari sana. Lebih sering, ini cukup untuk menyelesaikan masalah.

Tetapi jika masih belum berhasil, jangan khawatir, apabila gambar tetap tidak muncul di layar, mungkin disebabkan karena Anda telah melakukan instalasi driver versi sebelumnya. Anda cukup meng-unistall program tersebut dan kemudian instal driver terbaru sesuai dengan VGA yang anda miliki. Untuk VGA jaman dulu, terkadang vendor dari VGA menyediakan sebuah driver universal tetapi hal tersebut kurang cocok untuk VGA keluaran sekarang.

Satu hal lagi, Microsoft sebenarnya juga telah mengembangkan sebuah driver untuk mengatasi masalah ini yang disebut dengan Direct X. Software ini berguna untuk membantu anda mencari driver yang cocok untuk monitor Anda. Oleh karena itu, juga penting bagi Anda untuk memiliki versi update Direct X, driver yang tersedia pada website perusahaan dan kadang-kadang dikemas dengan permainan baru dan kartu grafis baru yang dibeli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s